Jangan Sampe Salah Tafsir Part 2
Lanjut nih ya.. gw dah menemukan kenyataan bahwa menggambar makhluk bernyawa itu boleh, gw mencoba Kembali menggambar manga dan anime. Tapi gw pernah bimbang lagi, gw lupa bimbangnya berapa kali, sekali apa 2 kali ya? Kayak, bener ga sih pilihan gw ini? Apa sebenernya emang ga boleh ya? Emang haram kali ya? Dan pikiran-pikiran semacam itu.
Gw bolak balik nontonin cermahanya Quraish Shihab
lagi, Cuma buat ngeyakinin kalo keputusan gw bener. Entah gw tuh masih kedoktrin
apa gimana gw ga paham deh.
Setelah gw nonton ceramah Quraish shihab itu, gw
ngerasa bahwa islam ternyata ga sekaku itu, bahwa ada cerita lain dibalik
hadist atau ayat Al-quran. Bahwa jawaban dari pencarian kita bukan iya dan
tidak, boleh dan enggak, tapi terkadang dikembalikan ke diri masing-masing. Emang
agak bikin puyeng buat yang baru belajar agama. Seperti, loh jadi kesimpulannya
apa? Boleh ga sih? Ga jelas deh ustad ini?
Eh tapi justru itu kan? Bukannya emang menafsirkan
sesuatu itu ga bisa langsung tembak ke kesimpulannya yaitu iya dan enggak. Tapi
macem kita bikin karya ilmiah, dari latar belakangnya dulu, trus pertanyaan,
rumusan masalah, dll, trus pas di kesimpulan juga kadang menjawab kadang tidak,
terantung dari hasil penelitiannya. Kalo ga kejawab, ya kudu diterusin di
penelitian selanjutnya, ya ga sih?
.
Nah, kalo dipikir-pikir, salah satu alasan gw
jadi agak anti pati sama islam fundamentalis gara-gara pilpres kemaren. Gara-gara
itu, gw jadi agak males baca kajian islam dari web-web islam yang sekali lu
gugel tentang hukum islam, websitenya lansung keluar di halaman pertama gugel. Trus
jadi ngerasa ih dulu gw tuh kadrun abis ya? Abisnya gw strict banget waktu gw
remaja. Ya liat aja gimana gw menghadapi hadist larangan menggambar. Trus kalo
gw inget-inget, gw gampang banget menghakimi temen-temen gw yang di sekolah
pake kerudung di luar engga. Menghakimi temen2 gw yang gak solat. Menghakimi temen2
gw yang pake kerudung tapi dadanya keliatan. Trus gw gampang percaya hoax dari pesbuk.
Persis kadrun jaman pilpres. Sampe gw ngucap hamdallah karena masa-masa gw dodol
udah lewat. Mata gw terbuka lebar bahwa gw tuh dulu close minded abis.
.
Skip, gw suka banget baca-baca quora, sampe
akhirnya gw nemuin akun… mmm sebut ga ya Namanya? Ya pokoknya kredensialnya sih
dosen agama islam (gw lupa filsafat apa bukan). Awal gw baca, anjir kok radikal
kali tulisannya. Gw ga bisa menerima tulisan2 doi karena jauh banget dari apa
yang biasa gw pelajarin.
Gimana enggak, disitu doi nyebutin kalo nabi musa
itu fiksi, tidak pernah ada (ini salah satu contoh aja ya, masih banyak yang
lainnya). Gw langsung skip tulisan doi, karena gw pikir doi nih sesat. Tipikal quorawan
yang punya pemikiran antimainstream. Tapi, gw lupa kenapa, akhirnya baca
tulisan doi lagi. Dan gw ngerasa, anjir, kemana aja gw, kok gw baru dapet
tulisan begini sih? Selama ini kenapa gw ga dapet bahan bacaan sebebas ini? Semencerahkan
ini? Kok ya, selama ini (kalo dibandingin tulisan doi), kayaknya apa yang gw
pelajarin tentang agama tuh Cuma dogma-dogma aja. Dan gw pun takut berpikir
keluar batas, karena gw takut meragukan kuasa Allah. Akhirnya, gw memutuskan
untuk tidak berpikir jauh di luar batas. Tapi itu salah men. Justru lu harus
mikir di luar batas, karena siapa tau jawaban yang selama ini lo cari itu dari
pikiran di luar batas tersebut. Kayak pas gw baca tulisan quorawan ini.
Trus gw instrospeksi diri, gw sempet nganggep doi
sesat, tapi sebenrnya gw yang terlalu takut. Sekarang hasilnya, gw malah suka
tulisan-tulisan yang keluar batas-batas aturan. Dari situ gw dapet perspektif
baru, gw dapet kemungkinan-kemungkinan yang baru juga.
Dan ada salah satu tulisan doi tentang larangan
gambar. Apa jawabannya sama kayak Quraish shihab. Ya, kesimpulannya sama, tapi
cara menjelaskannya beda. Pertama, doi menjawab dari sisi korelasi antara seni
dan agama. Bahwa dari agama pasti seni berkembang karena seni ga pernah lepas
dari agama/kepercayaan. Termasuk gambar, lukisan, patung, music. Coba jelasin
agama mana yang ga punya seni arsitektur? Hampir semua agama punya arsitektur
khasnya di rumah ibadahnya masing-masing kan? Lu liat relief candi Borobudur,
nah itu juga gambar? Trus agama islam? Ada kok, ilmuan islam di kedokteran (map
gw lupa Namanya) gambar tubuh manusia secara lengkap. Atau lukisan geometric di
masjid-mesjid. Atau soal music? Kalo di islam, adzan itu juga termasuk music? Rebana
juga music.
Ya intinya, semakin tinggi karya seni yang ada di
masyarakat, artinya semakin tinggi juga tingkat kepercayaan/agama yang
berkembang di masyarakat. Seni itu sama halnya dengan matematika, sama-sama
penting dalam peradaban. Noh liat beradaban mesir kan, pyramid, gambar-gambar
mesir kuno, patung-patung emas, perhiasan-perhiasan emas, itu juga termasuk
seni, dan liat betapa hebatnya zaman mesir kuno dulu.
So gimana jadinya, agama tanpa seni? Ancur! Kebebasan
berpikir, berekspresi ditekan. Orang-orang akhirnya belajar agama macem
diajarin sama guru males, kasih rumus, ikutin, dijamin dapet nilai 100. Ga ada
ceritanya belajar matematika dari basicnya dulu, semacam kenapa rumus phyagoras
kudu begini, buat apa belajar integral? Sejarahnya gimana? Aplikasinya gimana? Dll.
Oke, make sense, pertanyaan gw waktu dulu yang
udah gw tulis di post yang part 1 akhirnya terjawab.
Trus udah gitu aja?
Belumm gan, masih ada lagi.
Doi menjelaskan bahwa larangan menggambar makhluk
bernyawa hanya ada dalam hadist, tidak ada dalam al-quran. Dan kedudukan
al-quran lebih tinggi dari hadist, jadi harusnya yang jadi pedoman itu al-quran
dulu, bukan kebalikannya.
Nah ini nih, sering kan nemuin oknum dimana dia ngeharamin
maupun ngehalalin sesuatu diambil dari hadist, padahal di al-quran ga ada atau
malah bertentangan.
Oke lanjut lagi.
Kata menggambar dalam hadist itu ternyata artinya
dalam Bahasa arab bukan menggambar, tapi membuat/create (sorry gw lupa2 inget).
Jadi ada kesalahan translasi dari Bahasa arab ke Bahasa Indonesia. Dan apa sih
yang dimaksud create itu? Bisa jadi yang dimaksud itu adalah rekayasa genetika,
bisa juga operasi plastic. Masuk akal karena rekayasa genetika itu memang
bertentangan sama moral, dan untuk oplas, ini juga salah satu ngubah ciptaan
Allah bukan?
.
Nah kan, itu lah, kalo kita nafsirin sesuatu ga
bisa sembarangan, ga bisa bulet-bulet nafsirin sesuatu. Plek ketiplek.
Kita tuh punya akal, harusnya kita bisa pake akal
itu buat cari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita tadi. Tapi manusia
tuh terlalu takut atau mungkin umat islam yang terlalu banyak dicekoki paham
agama tanpa dasar? Entahlah
.
Well, gw juga baca tentang politik islam. Bukan politik
islam sih, lebih tepatnya politik yang bawa-bawa islam. Contoh nyata politik Arab
Saudi dan Iran. Kalo gw jelasin bakal Panjang beut, tapi intinya Arab Saudi maupun
Iran mau jadi yang terdepan soal menjadi pengaruh dalam dunia islam. Sunni vs
syiah.
Sebelum tahun 2010 kebencian terhadap syiah dulu
ga terlalu signifikan, tapi setelah itu, bertepatan dengan revolusi iran, kebencian
terhadap syiah jadi kerasa banget. Padahal katanya nih anak-anak rohis tahun 2010
kebawah ngidolain Ahmadinejad (presiden iran) terus tahun 2010 keatas opini tentang
syiah sesat malah berkembang pesat. Opini tentang kerjaan Saudi tahun 2010 kebawah
lebih negatif. Ya antek amerika lah, keluarga yang glamor lah, beda sama Ahmadinejad
yag sederhana. Trus tahun 2010 keatas opini kerajaan Saudi lebih positif, ya
liat aja sekarang banyak yang ngidolain Arab Saudi kan?
Mau tau lagi apa pengaruh perang proxy arab Saudi
vs iran? Paham wahabi yang makin melebarkan sayap ke negara-negara islam lain.
perlu kalian ketahui, arab Saudi itu pake paham wahabi, dan itu paham yang
strict banget. Disana tuh cewe cowo di tempat umum aja kudu dipisah. Mall ada tempat
khusus cewe ada khusus cowo, sekolah juga sama. Cewe wajib pake kerudung. Budaya
macem tahlilan udah pasti dianggep bidah, padahal walaupun bidah kalo ga
ngelanggar ajaran islam kan gapapa ya, tapi ini engga boleh. Trus music ga
boleh dll.
Nah sekrang lu liat sekitar, orang-orang indo apa
udah mulai begini nih? Menurut gw udah banyak paham-paham yang mendekati gini
nih, dan itu bahaya banget. Makanya gw berharap banget Pendidikan indo bisa
lebih diperhatiin, dikejer. Karena yang bisa bikin orang ga gampang kena dogma-dogma
agama itu kalo kita berpikir kritis, ga gampang iya aja kalo pemuka agama bilang
ini itu. Dan hal ini di dapatkan dari Pendidikan yang bagus. Gw termsuk yang
berpriviledge karena gw punya banyak waktu dan uang sehingga gw bisa keluar
dari goa dan banyak ngeliat sudut pandang baru.
Ini juga yang bikin gw menjauhi ajaran salafi. Ajaran
salafi bagi gw terlalu hati-hati ‘sampe lebih baik jangan-lebih baik jangan’. Yang
ada malah apa-apa terlalu dibatasi, kreativitas jadi ga berkembang maksimal.
Jadi gini, perjalanan spiritual gw, ceilehh. Ini sih
Cuma tentang curhat aja sebenernya. Anyway thanks yg udah baca.
Agembul
Komentar
Posting Komentar