Jangan Sampe Salah Tafsir Part 2

Lanjut nih ya.. gw dah menemukan kenyataan bahwa menggambar makhluk bernyawa itu boleh, gw mencoba Kembali menggambar manga dan anime. Tapi gw pernah bimbang lagi, gw lupa bimbangnya berapa kali, sekali apa 2 kali ya? Kayak,  bener ga sih pilihan gw ini? Apa sebenernya emang ga boleh ya? Emang haram kali ya? Dan pikiran-pikiran semacam itu.

Gw bolak balik nontonin cermahanya Quraish Shihab lagi, Cuma buat ngeyakinin kalo keputusan gw bener. Entah gw tuh masih kedoktrin apa gimana gw ga paham deh.

Setelah gw nonton ceramah Quraish shihab itu, gw ngerasa bahwa islam ternyata ga sekaku itu, bahwa ada cerita lain dibalik hadist atau ayat Al-quran. Bahwa jawaban dari pencarian kita bukan iya dan tidak, boleh dan enggak, tapi terkadang dikembalikan ke diri masing-masing. Emang agak bikin puyeng buat yang baru belajar agama. Seperti, loh jadi kesimpulannya apa? Boleh ga sih? Ga jelas deh ustad ini?

Eh tapi justru itu kan? Bukannya emang menafsirkan sesuatu itu ga bisa langsung tembak ke kesimpulannya yaitu iya dan enggak. Tapi macem kita bikin karya ilmiah, dari latar belakangnya dulu, trus pertanyaan, rumusan masalah, dll, trus pas di kesimpulan juga kadang menjawab kadang tidak, terantung dari hasil penelitiannya. Kalo ga kejawab, ya kudu diterusin di penelitian selanjutnya, ya ga sih?

.

Nah, kalo dipikir-pikir, salah satu alasan gw jadi agak anti pati sama islam fundamentalis gara-gara pilpres kemaren. Gara-gara itu, gw jadi agak males baca kajian islam dari web-web islam yang sekali lu gugel tentang hukum islam, websitenya lansung keluar di halaman pertama gugel. Trus jadi ngerasa ih dulu gw tuh kadrun abis ya? Abisnya gw strict banget waktu gw remaja. Ya liat aja gimana gw menghadapi hadist larangan menggambar. Trus kalo gw inget-inget, gw gampang banget menghakimi temen-temen gw yang di sekolah pake kerudung di luar engga. Menghakimi temen2 gw yang gak solat. Menghakimi temen2 gw yang pake kerudung tapi dadanya keliatan. Trus gw gampang percaya hoax dari pesbuk. Persis kadrun jaman pilpres. Sampe gw ngucap hamdallah karena masa-masa gw dodol udah lewat. Mata gw terbuka lebar bahwa gw tuh dulu close minded abis.

.

Skip, gw suka banget baca-baca quora, sampe akhirnya gw nemuin akun… mmm sebut ga ya Namanya? Ya pokoknya kredensialnya sih dosen agama islam (gw lupa filsafat apa bukan). Awal gw baca, anjir kok radikal kali tulisannya. Gw ga bisa menerima tulisan2 doi karena jauh banget dari apa yang biasa gw pelajarin.

Gimana enggak, disitu doi nyebutin kalo nabi musa itu fiksi, tidak pernah ada (ini salah satu contoh aja ya, masih banyak yang lainnya). Gw langsung skip tulisan doi, karena gw pikir doi nih sesat. Tipikal quorawan yang punya pemikiran antimainstream. Tapi, gw lupa kenapa, akhirnya baca tulisan doi lagi. Dan gw ngerasa, anjir, kemana aja gw, kok gw baru dapet tulisan begini sih? Selama ini kenapa gw ga dapet bahan bacaan sebebas ini? Semencerahkan ini? Kok ya, selama ini (kalo dibandingin tulisan doi), kayaknya apa yang gw pelajarin tentang agama tuh Cuma dogma-dogma aja. Dan gw pun takut berpikir keluar batas, karena gw takut meragukan kuasa Allah. Akhirnya, gw memutuskan untuk tidak berpikir jauh di luar batas. Tapi itu salah men. Justru lu harus mikir di luar batas, karena siapa tau jawaban yang selama ini lo cari itu dari pikiran di luar batas tersebut. Kayak pas gw baca tulisan quorawan ini.

Trus gw instrospeksi diri, gw sempet nganggep doi sesat, tapi sebenrnya gw yang terlalu takut. Sekarang hasilnya, gw malah suka tulisan-tulisan yang keluar batas-batas aturan. Dari situ gw dapet perspektif baru, gw dapet kemungkinan-kemungkinan yang baru juga.

Dan ada salah satu tulisan doi tentang larangan gambar. Apa jawabannya sama kayak Quraish shihab. Ya, kesimpulannya sama, tapi cara menjelaskannya beda. Pertama, doi menjawab dari sisi korelasi antara seni dan agama. Bahwa dari agama pasti seni berkembang karena seni ga pernah lepas dari agama/kepercayaan. Termasuk gambar, lukisan, patung, music. Coba jelasin agama mana yang ga punya seni arsitektur? Hampir semua agama punya arsitektur khasnya di rumah ibadahnya masing-masing kan? Lu liat relief candi Borobudur, nah itu juga gambar? Trus agama islam? Ada kok, ilmuan islam di kedokteran (map gw lupa Namanya) gambar tubuh manusia secara lengkap. Atau lukisan geometric di masjid-mesjid. Atau soal music? Kalo di islam, adzan itu juga termasuk music? Rebana juga music.

Ya intinya, semakin tinggi karya seni yang ada di masyarakat, artinya semakin tinggi juga tingkat kepercayaan/agama yang berkembang di masyarakat. Seni itu sama halnya dengan matematika, sama-sama penting dalam peradaban. Noh liat beradaban mesir kan, pyramid, gambar-gambar mesir kuno, patung-patung emas, perhiasan-perhiasan emas, itu juga termasuk seni, dan liat betapa hebatnya zaman mesir kuno dulu.

So gimana jadinya, agama tanpa seni? Ancur! Kebebasan berpikir, berekspresi ditekan. Orang-orang akhirnya belajar agama macem diajarin sama guru males, kasih rumus, ikutin, dijamin dapet nilai 100. Ga ada ceritanya belajar matematika dari basicnya dulu, semacam kenapa rumus phyagoras kudu begini, buat apa belajar integral? Sejarahnya gimana? Aplikasinya gimana? Dll.

Oke, make sense, pertanyaan gw waktu dulu yang udah gw tulis di post yang part 1 akhirnya terjawab.


Trus udah gitu aja?

Belumm gan, masih ada lagi.


Doi menjelaskan bahwa larangan menggambar makhluk bernyawa hanya ada dalam hadist, tidak ada dalam al-quran. Dan kedudukan al-quran lebih tinggi dari hadist, jadi harusnya yang jadi pedoman itu al-quran dulu, bukan kebalikannya.

Nah ini nih, sering kan nemuin oknum dimana dia ngeharamin maupun ngehalalin sesuatu diambil dari hadist, padahal di al-quran ga ada atau malah bertentangan.


Oke lanjut lagi.

Kata menggambar dalam hadist itu ternyata artinya dalam Bahasa arab bukan menggambar, tapi membuat/create (sorry gw lupa2 inget). Jadi ada kesalahan translasi dari Bahasa arab ke Bahasa Indonesia. Dan apa sih yang dimaksud create itu? Bisa jadi yang dimaksud itu adalah rekayasa genetika, bisa juga operasi plastic. Masuk akal karena rekayasa genetika itu memang bertentangan sama moral, dan untuk oplas, ini juga salah satu ngubah ciptaan Allah bukan?

.

Nah kan, itu lah, kalo kita nafsirin sesuatu ga bisa sembarangan, ga bisa bulet-bulet nafsirin sesuatu. Plek ketiplek.

Kita tuh punya akal, harusnya kita bisa pake akal itu buat cari jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita tadi. Tapi manusia tuh terlalu takut atau mungkin umat islam yang terlalu banyak dicekoki paham agama tanpa dasar? Entahlah

.

Well, gw juga baca tentang politik islam. Bukan politik islam sih, lebih tepatnya politik yang bawa-bawa islam. Contoh nyata politik Arab Saudi dan Iran. Kalo gw jelasin bakal Panjang beut, tapi intinya Arab Saudi maupun Iran mau jadi yang terdepan soal menjadi pengaruh dalam dunia islam. Sunni vs syiah.

Sebelum tahun 2010 kebencian terhadap syiah dulu ga terlalu signifikan, tapi setelah itu, bertepatan dengan revolusi iran, kebencian terhadap syiah jadi kerasa banget. Padahal katanya nih anak-anak rohis tahun 2010 kebawah ngidolain Ahmadinejad (presiden iran) terus tahun 2010 keatas opini tentang syiah sesat malah berkembang pesat. Opini tentang kerjaan Saudi tahun 2010 kebawah lebih negatif. Ya antek amerika lah, keluarga yang glamor lah, beda sama Ahmadinejad yag sederhana. Trus tahun 2010 keatas opini kerajaan Saudi lebih positif, ya liat aja sekarang banyak yang ngidolain Arab Saudi kan?

Mau tau lagi apa pengaruh perang proxy arab Saudi vs iran? Paham wahabi yang makin melebarkan sayap ke negara-negara islam lain. perlu kalian ketahui, arab Saudi itu pake paham wahabi, dan itu paham yang strict banget. Disana tuh cewe cowo di tempat umum aja kudu dipisah. Mall ada tempat khusus cewe ada khusus cowo, sekolah juga sama. Cewe wajib pake kerudung. Budaya macem tahlilan udah pasti dianggep bidah, padahal walaupun bidah kalo ga ngelanggar ajaran islam kan gapapa ya, tapi ini engga boleh. Trus music ga boleh dll.

Nah sekrang lu liat sekitar, orang-orang indo apa udah mulai begini nih? Menurut gw udah banyak paham-paham yang mendekati gini nih, dan itu bahaya banget. Makanya gw berharap banget Pendidikan indo bisa lebih diperhatiin, dikejer. Karena yang bisa bikin orang ga gampang kena dogma-dogma agama itu kalo kita berpikir kritis, ga gampang iya aja kalo pemuka agama bilang ini itu. Dan hal ini di dapatkan dari Pendidikan yang bagus. Gw termsuk yang berpriviledge karena gw punya banyak waktu dan uang sehingga gw bisa keluar dari goa dan banyak ngeliat sudut pandang baru.

Ini juga yang bikin gw menjauhi ajaran salafi. Ajaran salafi bagi gw terlalu hati-hati ‘sampe lebih baik jangan-lebih baik jangan’. Yang ada malah apa-apa terlalu dibatasi, kreativitas jadi ga berkembang maksimal.

Jadi gini, perjalanan spiritual gw, ceilehh. Ini sih Cuma tentang curhat aja sebenernya. Anyway thanks yg udah baca.

 

Agembul

Komentar

Postingan TerHot!!

FANGIRLING : ABOUT MIZUKI ITAGAKI

Review Manga : Hikaru no Go (By Yumi Hotta & Takeshi Obata)

Fangirling : Kumpulan Foto-foto Mizuki Itagaki

Review Film : XXX Return of Xander Cage

maapin yakk!!! T.T