Jangan Sampe Salah Tafsir Part 1

Gw pengen banget curhat ttg ini. Soalnya ini tuh ngubah hidup gue banget dan ngubah cara pandang gw tentang agama.

Jadi dulu gw pernah nulis kegalauan gw tentang hukum menggambar makhluk hidup di post ini.

Padahal gw sendiri suka banget gambar manga, anime pokoknya orang, sampe pernah mikir mau buat webtoon sendiri wkw. Tapi hukum haram gambar makhluk hidup ini buat gw jadi bimbang. Gw sempet berhenti gambar gara-gara ini.

Flashback saat SMP, gw suka gambar2 manga gitu ya, secara hobi gw aja baca manga. Nah abis itu, entah dapet dari mana (apa pesbuk apa dari temen gitu dah), gw baca hadist kalo gambar makhluk bernyawa itu haram dan nanti di akhirat bakal dihidupkan gambar-gambar yang pernah kita bikin, trus gambar-gambar itu bakal nuntut ke kita (gw lupa nuntut apa ya? Apa mereka pengen dihidupin atau apa gitulah pokoknya nuntut pertanggung jawaban kita. Pas gw baca pada waktu itu gw merinding karena serius serem banget bok! Maklum gw masih naif).

Gw galauuu banget, gw suka banget gambar, setiap gw bosen di kelas pasti tangan gw gerak-gerak sendiri trus tiba-tiba srat-sret gw gambar anime. Pokoknya gw ga bisa lepas sama gambar-menggambar waktu itu. Bahkan gw gambar tuh dari kecil banget. Dari sebelum tk gw udah suka gambar. Dulu gw suka gambar power puff girls dan woody woodpaker karena itu yang gw tonton. Berarti kan emang gw tuh passionnya disitu kan?

Yang terjadi saat itu adalah, gw memustuskan untuk berhenti karena takut. Takut masuk neraka. Padahal gw ga mencuri, ga fitnah, ga zina, ga bohong, gw rajin solat, tapi gara-gara gw menggambar manusia, gw auto masuk neraka. Terdengar tidak adil bagi gw, dan gw ngerasa kayak, kok gitu sih? Tapi kan ini keahlian gw, bukannya ga adil Allah ngasih gw keahlian menggambar sedangkan gw ga bisa pake keahlian itu. Bukannya ga adil Allah ngasih keahlian memasak ke orang lain dan orang itu bisa make keahliannya sedangkan gw enggak? Kenapa gw enggak?

Trus gw jauh berpikir ke depan. Gw mikir, kalo semua orang islam ga boleh gambar makhluk bernyawa berarti yang boleh gambar makhluk bernyawa hanya non muslim gitu? Berarti misal yang bisa bikin komik cuma nonis? Yang bikin papan peringatan cuma nonis? Gimana jadinya kalo dunia ini isinya orang islam? Atau negara mayoritas islam? Siapa yang bakal dapet kerjaan gambar? Masa iya orang nonis aja? Bukannya secara kuantitas ga cukup? Pasti demandnya tetep banyak kan? Gimana kalo orang muslim juga ambil pekerjaan itu? Kuantitas jadi cukup, tapi apa ga dosa buat yang muslim? Trus kalo gambar di negara islam dilarang tetapi negara selain islam ga dilarang, berarti kemajuan seni rupa seharusnya lebih maju di negara selain islam dong? Berarti negara selain islam lebih freedom soal kebebasan berkespresi dibanding negara islam? Trus negara islam gimana? Ga mungkin kan ga pake gambar sama sekali? Siluet stick man yang di papan peringatan itu juga manusia kan? Masa iya ga pake itu? Trus gimana kalo kedokteran, kan ada gambarnya juga? Dan seterusnya…

Bahkan pertanyaan itu muncul ga cuma menggambar tapi juga main music, karena ada juga yang melarang main music. Gw jadi mikir gimana kalo di dunia sama sekali ga boleh pake music karena haram. Berarti semuanya sunyi dong? Bahkan iklan pun pasti ada sound effectnya, dan itu juga termasuk music.

Pokoknya gw mikir ampe sejauh itu.

Tapi karena gw masih polos, dan gw tuh anaknya penurut, jadi gw ikutin itu. Gw beneran berhenti menggambar.

Awalnya susah banget, hari-hari gw lalui dengan sedih, sampe gw mikir jadi apa ya gw nanti (di masa depan)? Gw secara gak langsung nyari-nyari opsi cita-cita lain, entah sadar entah engga sih.

Saking gw tercuci otaknya, gw sampe ngomong ke temen gw yang suka gambar juga, bahwa ngegambar manusia itu haram. Lalu temen gw jawab gini, “gw kan gambar bukan untuk disembah”. Gw awalnya ga setuju, karena buat gw, poin ga boleh gambar ini lebih ke nanti gambar lu bakal diidupin lagi di akhirat dan lu masuk neraka.

Skip-skip, nah pas masuk SMA nih, gw nyoba gambar2 lagi, dan gw ngerasa seneng, Bahagia, kayak “ahhh ini yang gw cari selama ini men!”. Trus entah kenapa gw mulai gambar lagi, gw merasa ini passion gw, jadi udahlah gw emang suka kok. Gw terus menggambar dan terus menggambar.

Lu tau, akhirnya gw nyerah juga. Gw teringat Kembali tentang larangan itu. Gw terbayang-bayang neraka lagi. Gw takut.

Di kelas 11 SMA gue mutusin untuk berhenti menggambar lagi.

Dan ini keputusan yang hmm.. gimana ya jelasinnya. Dibilang salah, iya sih, tapi pada saat itu gw masih polos, naif, critical thinking gw belom jalan, jadi ditakut-takutin gitu ya gw iyain aja. Kebetulan saat itu gw berhenti di semester 2 kelas 11 yang berarti pas kelas 12 gw udah berenti total ngegambar. Trus masalahnya apa?

Masalahnya saat gw mencari jurusan kuliah. Gw yang dikelas 10 udah ada niat mau masuk DKV jadi ga jadi. Gw akhirnya nyari-nyari passion gw yang lain. Apa sih passion gw tuh? Pasti ada lah passion gw yang lain selain gambar, tapi gw ga nemu.

Turning point saat gw gagal di SBMPTN dan gw akhirnya masuk univ swasta jurusan manjemen. Yep, salah banget gue!

Gw kayak kehilangan arah, gw itu mau kemana sih sebenernya? Apa sih yang gw suka? Apa sih yang gw mau? Dan apa yang gw bisa?

Padahal semua jawaban itu sebenernya udah gw temuin bertahun-tahun yang lalu, tapi jawaban itu ga gw gubris karena tafsir hadist yang terlihat mutlak.

 .

Hufftt Panjang beut gw cerita… oke kita lanjut lagi nih..

 .

Gw akhirnya nyerah juga kuliah manajemen, yah sebenernya banyak faktor kenapa gw berenti kuliah. Intinya gw udah muak dan buru-buru pulkam ke rumah.

Hari-hari gw lewati dengan nonton youtube, buka quora, buka forumdetik (errr gw jadi suka gossip gara-gara forum ini), dan males-malesan. Emang ga ada kerjaan gw pas di rumah, belajar buat SBMPTN aja gw Cuma berhasil di minggu-minggu pertama.

Skip-skip, gw menemukan kajian Quraish shihab di youtube tentang larangan menggambar. Dan…

 

Ya ampun, gw kayak dapet pencerhan! Ternyata sebenernya boleh loh menggambar manusia. Yang ga dibolehin itu kan kalo udahnya disembah-sembah (bener kata temen gw waktu itu wkwk). Quraish shihab ngejelasin runut dari sejarahnya, apa yang dilakukan orang pada zaman itu, kenapa hadist itu bisa ada, tanggapan akan hadist itu dimasa sekarang. Bukan Cuma haram, haram, haram, auto neraka! Somehow Quraish shihab ini lebih mild dan hati-hati. Dan gw malah lebih suka begini daripada yang strict abis.

Gw capek sama pemuka agama atau ajaran/aliran yang terlalu strict. Lu tau kan gw punya OCD? Nah lu bisa bayangin gimana ketatnya gw kalo gw ngejalanin aliran yang strict sedangkan gw pun sangat perfectionist karena kecemasan berlebihan yang gw punya ini. Gw jadi parnoan, gw jadi selalu waswas, gw ngejalanin agama terlalu hitam putih. Padahal apa yg gw jalanin ini belum yang kaku-kaku banget ajarannya. Tapi gw udah stress!

Gw akhirnya memulai menggambar manga lagi. Tapi rasanya udah telat. Tangan gw kaku, gw ngerasa, kok begini ya? Dulu padahal lancar, dulu padahal gambar gw bagus deh, kok sekarang jelek sih? Gw sampe berpikir, kenapa ga dari dulu gw nemuin hidden gem ceramahnya Quraish shihab. Kalo dari dulu mungkin gw ga perlu repot-repot nyusahin ortu bayar kuliah yang ga sampe 2 bulan gw ikutin. Dan kalo dari dulu, mungkin skill gw udah improve banyak jadi gw ga harus mulai dari awal lagi.


To be continued

Komentar

Postingan TerHot!!

FANGIRLING : ABOUT MIZUKI ITAGAKI

Review Manga : Hikaru no Go (By Yumi Hotta & Takeshi Obata)

Fangirling : Kumpulan Foto-foto Mizuki Itagaki

Review Film : XXX Return of Xander Cage

maapin yakk!!! T.T