Dilema

Saat  ini gue benar-benar merasakan dilema. Awalnya gue udah yakin banget, dengan tujuan dan pilihan gue. Gue sudah merasa bahwa keputusan gue adalah keputusan yang benar, dan gue bahkan berpikir bahwa keputusan itu memanglah takdir gue. Hahhh!! Gue ngomong apa sih. yang jelas gue tuh bingung mau masuk jurusan apaa!?!

Dilemanya anak SMA ya gini nih, bingung mau masuk univ mana, jurusan apa, kerja apa, dan lain-lain. Gue juga sama sih sekarang-sekarang ini. sebenernya, dari gue kelas 10 (kelas 1 SMA), gue udah manteb banget mau masuk dkv (desain komunikasi visual), karna gue suka gambar, terutama gambar manga. Gue pun punya cita-cita jadi komikus atau illustrator. Gile, itu tadinya udah manteb banget. Tapi, semua itu dengan cepat berubah layaknya rumah mewah yang dihempas tornado. #tsah

Ada hadist yang mengatakan bahwa gambar makhluk bernyawa, mau hewan atau manusia itu haram. Gue sebenernya udah tau dari smp soal hadist ini, dan beberapa bulan setelah gue tahu, gue vakum dari dunia gambar menggambar. Gue bakar semua gambar-gambar gue. Gue rusakin, dirobek2 sampe gak berbentuk. Karna emang itu haram dan hadistnya kuat. Awalnya gue kecewa banget. Ya iyalah, udah pasti kecewa, wong kalo lagi bosen, tangan tiba-tiba coret sana, coret sini, kayak si tangan ini punya nyawa sendiri. Dan di setiap buku, entah itu buku catetan atau buku cetak, selalu tergambar karya seni yang indah (narsis dikit, hahaha). Lalu saat gue tahu bahwa gambar yang begituan itu dilarang agama, pupus sudah harapan gue, lemeesss. Gue gak percaya gitu aja awalnya, jadi gue cari-cari di internet, dan BOOMM… gue tersentak, ternyata itu semua memang dilarang…

Ibaratnya kalian suka banget nonton drama korea. Sehari tanpa nonton drama korea rasanya kurang afdol. Lalu tiba-tiba lo dilarang nonton drama korea. Sama sekali gak boleh nonton. Gimana coba persaaan lo? Pasti kecewa kan? Pasti lo merasa ini gak adil kan? Begitu pula dengan gue. Gue merasa hancur banget, awalnya gue seperti gak punya harapan lagi. Tapi setahun setelah gue vakum dari dunia gambar menggambar, gue gak kuat lagi. Gue merasa, ini nih passion gue, ini nih yang gue suka, gue Cuma bisa ngelakuin ini dan gue senang ngelakuinnya. Mungkin juga, saat itu gue di butakan oleh setan, entahlah, tapi gue lama-lama lupa juga sama hadist tersebut. Gak heran, gue punya cita-cita mau jadi komikus dan kuliah di dkv.

Tapi, Alhamdulillah-nya gue dapet pencerahan lagi. Sewaktu gue lagi gambar, kok ada perasaan mengganjal di hati gue, lalu tiba-tiba gue inget larangan menggambar makhluk bernyawa, awalnya gue pura-pura cuek, dan gak memperdulikan pikiran itu. Tapi, perasaan itu selalu muncul, setiap gue lagi gambar. Lama-lama gue gak tahan lagi, gue buka browser, trus langsung cari larangan menggambar orang. Itu juga gue lakuin, cuma untuk meyakinkan hati gue sih.

Dan akhirnya, siklus itu muncul lagi. Awalnya siklus penolakan, awal-awal gue masih belum bisa lepas dari gambar-menggambar orang, tapi gue yakinkan diri gue, bahwa gambar itu gak Cuma gambar manga. Ada banyak hal lain yang bisa lo gambar selain orang. Malah mungkin bisa lebih bagus dari menggambar orang. Gue juga yakinin diri gue, kalau memang gue berbakat menggambar, maka gue bisa menggambar apa pun itu.

Sekarang masalahnya adalah, gue yang tadinya manteb banget mau masuk dkv, sekarang gue agak ragu-ragu. Kan gak heran, kalau kuliah jurusan yang berkaitan dengan seni rupa ada gambar menggambar  makhluk hidup. Pasti ada materinya kan? Jadi itu yang membuat gue bingung. Apakah gue tetep lanjut, atau pindah pilihan?

Pilihan kedua tetep berkaitan dengan seni, yaitu desain interior. FYI nih, gue tuh awalnya mau ke arsitektur. Tapi-tapi, arsitektur masuknya ke teknik, ya udah pasti ada itung-itugannya. Jadi gue pilih sodaranya aja nih, desain interior, karna gue gak suka yang berbau matematika atau fisika. Teruta fisika nih. Sebisa mungkin gue masuk jurusan yang ga ada pelajaran fisika sama sekali, kalaupun ada hitungannya, jangan ada yang berbau fisika. Plis lah, gue benci banget pelajaran ini. bisa gila gue kalo kuliah ketemu lagi yang beginian. DI (desain interior) di ITB masuknya fakultas seni rupa, sedangkan di UI masuknya teknik. Kalo bisa dan kalo mau, gue sih pilihnya yang di ITB, karena masuknya seni rupa. Yang di UI juga bagus, tapi masuknya ke teknik. Dan kalo di UI, semester awal semua anak gak langsung masuk ke jurusannya masing-masing. Jadi semester awal, belajar pelajaran dasar di masing-masing fakultas tersebut, yang berarti....
gue masih belajar fisika dong???

Argghh makanya gue masih dilemma. Mau dibawa kemana hidup gue?? Gue sering berpikir, apa  gue punya bakat lain selain ngegambar? Apa gue berbakat nulis?? Kalo misalnya iya gue berbakat, jurusan apa yang harus gue pilih? pekerjaan apa yang cocok gue jalani? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Pernah suatu saat terbesit pengen jadi sutradara, penulis cerita di film, karna gue hobi nonton. Tapi gue sendiri gak pede merealisasikan ide itu. Terus, saking buntu dan frustasinya, gue sempet berpikir untuk jadi PNS. Hahaha, emang ga ada yang salah sih jadi PNS, tapi serius, gue gak suka pekerjaan yang terlalu terikat (dasarnya sih gue gak suka sama aturan, jadi pengennya pekerjaan yang dilakukan sesuka hati/kapan pun kamu mau/pekerja lepas/semacam freelancer).

Pelajaran yang gue suka aja gak tahu. Dulu sempet suka matematika, tapi semenjak SMA, matematika jadi salah satu pelajaran yang harus dihindari.

Gue memang plin plan, tapi gue pengen punya tujuan yang pasti. Karena sampai sekarang pun, gue gak tau harus berbuat apa untuk melangkah kedepan.


28 maret 2017
By agembul


Komentar

Postingan TerHot!!

FANGIRLING : ABOUT MIZUKI ITAGAKI

Review Manga : Hikaru no Go (By Yumi Hotta & Takeshi Obata)

Fangirling : Kumpulan Foto-foto Mizuki Itagaki

Review Film : XXX Return of Xander Cage

maapin yakk!!! T.T