Masalah Orang Dewasa

Sehari sebelum gw berangkat ke bandung. Gw sama sahabat2 gw ngumpul-ngumpul. Biasa nongki-nongki, sambil bahas kabar, lagi sibuk apa dll.

Gw tersadar bahwa sobat2 gw ini udah one step ahead dari gw. Ya contohnya mereka udah ada yang kerja, magang, ngerjain skripshit, nyari kerja dll. Ya wajar sih gw kan gap year, gw ga yang ngiri banget sih, karena tiap orang beda-beda kan hidupnya. Tapi apa ya, perasaan gw rada ga enak. Entah anxiety atau apa, tapi gw sadar bahwa akan ada masanya gw di posisi temen2 gw ini. Yang mana gw sangat takut, gw takut akan masa depan. Gw takut setelah lulus nanti gw mau kyk gimana? Gw masih ga tau kayak gimana. Dan gw seperti belum siap buat jalanin kehidupan orang dewasa. Ya kayak, kerja, cari duit sendiri, hidup dengan duit yang dihasilin sendiri, dan tanggung jawab dewasa lainnya. Gw takut ga bisa memenuhi ekspektasi, baik ekspektasi gw maupun masyarakat. Gw takut gw ga capable buat ngerjain kerjaan. Disisi lain gw bangga sama temen2 gw karena mereka bisa jalanin hidupnya dengan baik dan terarah. Itu yang bikin perasaan gw campur aduk.

Skip-skip, temen2 gw cerita pengalaman yang mereka alami masing2, mulai dari temen kerja rese, duit yang kayaknya abis mulu, tanya-tanya ttg gaji masing-masing, dll. Trus abis itu ngobrol ngalor ngidul dan ngegosipp. Iyah, ngegosipin kenalan dan temen2 lama emang enak sih wkwkw..

Tapi dari itu semua gw jadi nyadar, oh ya ternyata mereka juga punya masalah masing2. Saat ini gw pikir mungkin masalah temen2 gw itu ga terlalu besar atau gimana, tapi mungkin karena gw belum ngalamin itu. Mungkin aja suatu saat gw ngalamin yang namanya duit tuh abis mulu, atau mikir ulang buat pulkam karena tiket kereta mahal, bolak-balik dah 300 rebu. Bisa juga gw nemuin temen kantor yang ngomong mulu ga kelar-kelar, atau gaji yang belum turun sampe harus dirapel sampe 3 bulan.

Skip-skip, ada salah satu sobat gw yang punya masalah cukup besar, bisa dibilang aib. Dan dia cerita ke kita-kita ini. Gw sih antara kaget ga kaget, well karena sobat gw ini emang kayaknya gampang banget jatuh cinta, at least dari kacamata gw yang suka denial tentang perasaan gw sama lawan jenis wkwkw. Ya, doi ini gampang suka sama orang, dan gampang percaya sama cowok. Kalo diliat dari track recordnya yang pernah naksir sama cowok dari game lah, temen kakaknya lah, temen sekelas gw yang gw ga akan sangka dia bakalan suka lah, dll wajar aja kalo sampe masuk perangkap cowok nakal. Tapi ya sudahlah jadiin pelajaran aja deh, yang namanya nafsu emang susah dikendaliin. Gw aja yang tadinya ga mau makan kentang goreng bumbu balado karena batuk, akhirnya nyerah, makan-makan juga.

Tapi yang miris menurut gw bukan itu, tapi perlakuan ortu sobat gw ke sobat gw ini. Sobat gw ini pernah dibawa ortu nya ke orang pinter, dia sih nyebutnya ustad. Nah si ustad ini ngebaca si sohib gw ini. Trus nyeletuk di depan ortu sohib gw kalo sohib gw pernah cipokan sama pacarnya. Wanjir tuh ustad ga ngerti privacy apa yak? At least, ngobrol dulu ama sohib gw, jangan ujuk2 langsung ngomong ke ortunya gitu. Nah setelah kejadian itu, emaknya sohib gw nih suka nyeletuk kalo lagi marah ke sohib gw. Emaknya bilang, “kamu tuh murahan”. Dan gak sekali dua kali sohib gw digituin.

Terus yang terjadi apa? Sohib gw akhirnya berujung mencoba fr*e s*x gara-gara doski lagi stress dan gatau mau ke siapa.

Yeah, ini adalah contoh nyata labeling dari ortu ke anak. Anak yang tadinya ga berpikir dia nakal, kalo terus-terusan di komen nakal ya bakal nakal. Semacam cuci otak lah. Kalo orang terus di komen kalo dia jelek, dia nantinya bakal mikir dia jelek beneran. Iya kan? Akhirnya tumbuh rasa insecure dan perasaan kayak “yah sekalian aja gw bandel, emang gw bandel kok.” Atau “emang gw jelek, gw gak berhak dapetin ini”.

Parah kan? Yes parah banget. Gw jujur kasian sama sohib gw ini. Gw tau dia tuh sebenernya anak baik-baik, gak nakal, ga macem-macem. Tapi ortunya sendiri yang ngancurin mental dia. Ortu gak bisa dijadikan tempat curhat, tempat untuk anak menaruh kepercayaan. Yang ada cuma dibanjiri nasehat-nasehat yang menggurui, menyalahkan, bahkan melabel anaknya sendiri. Kayaknya hal kayak gini lumrah banget ya dialami sama generasi boomer?

Dan akhirnya temen gw nyari tempat berlindung yang lain, mencari kepercayaan lewat cowok-cowok yang ditemuinya. Entah ada apa enggak kaitan dia gampang percaya dan jatuh cinta sama hubungan dia dengan ortunya yang kurang baik.

Well, mau gimana pun, masalah orang dewasa ya harus diselesaikan dengan cara dan sikap yang dewasa. Mungkin dengan menghadapi masalah semacem ini, akhirnya buat kita lebih berkembang dan  berproses menuju ke arah yang lebih baik.

 


Yaudah sekian dari gw,

Agembul

Komentar

Postingan TerHot!!

FANGIRLING : ABOUT MIZUKI ITAGAKI

Review Manga : Hikaru no Go (By Yumi Hotta & Takeshi Obata)

Fangirling : Kumpulan Foto-foto Mizuki Itagaki

Review Film : XXX Return of Xander Cage

maapin yakk!!! T.T