Mencuri

(kejadiannya udah seminggu yang lalu)

Siang tadi, ada kejadian yg buat gue kaget, heran, dan kesel, tapi lucu juga sih kalo dipikir pikir.

Jadi gini, di hari rabu, ada jam pelajaran prakarya. Nah, jam prakarya ini, entah sengaja ato enggak, di taro di jam terakhir sekolah. Apalagi, hari rabu ini pelajarannya ajaib-ajaib meen. Kimia, biologi, matematika wajib, matematika peminatan jadi satu coyy!!! Cuma prakarya doang yangg bukan eksak tapi tetep bikin mumet. Tapi bukan karna pelajarannya yg bikin gue syok. Terus apa? Yak lo baca aja tulisan gue ampe abis.


Gue dengan tenang dan hati-hati mengikuti langakah-langkah yg diajarkan bapak takeshi (guru prakarya gue, pliss jangan tanya kenapa disebut takeshi:D) saat praktek bikin animasi di lab komputer. Step demi step gue lalui. Dan gue berhasil melewati halangan dan rintangan yang selama ini selalu bikin drama nangis ngeluh  bombay. Gimana gak ngeluh, kadang udah ngikutin step2nya, eh pas diliat hasilnya beda, step udah bener, taunya ada aja yang gak bisa, ga jalan lah, gak bisa di gerakin lah, tampilannya berubah lah dll.

Nah kali ini, ada drama lagi nih, tapi bukan drama pas praktek buat animasi. Bukan! Setelah selesai buat animasi tsb, gue, segera mensave hasil kerja gue. Nah ini yg aneh, gue biasanya ngesave di folder kelas gue sendiri, tapi saat itu, folder kelas gue ilang. Nah loh? Kemana nih foldernya, data gue ilang semua dong! Gue cari aja lewat kotak pencarian di pojok kanan atas, ketemu si, tapi yg bikin gue heran, hasil kerjaan(hasil praktek2 bikin animasi) gue cuma ada satu dua, yg lainnya hasil kerjaan si Arumi(sebut aja arumi). Gue heran banget, secara kenapa tetiba ada nama arumi di folder kelas XII-7 MIPA(kelas gue). Sedangkan arumi bukan anak kelas gue, anak kelas lain. Kok bisa namanya atau hasil kerjanya nyasar ampe ke kelas gue? Lagian di folder xii7 cuma ada hasil kerja gue doang, karna yg make komputernnya ya cuma gue doang. Gue cari kerjaan gue yg lain. Mana nih gak ketemu temu. Akhirnya iseng gue buka kerjaannya arumi dan lu tau gak apa yg gue temuin. ITU KERJAAN GUE COY, JADI DIA TUH NYOLONG KERJAAN GUE, DIA RENAME FILENYA!!! SYID!! Eh kurang ajarnya lagi, dia ngerename semua hasil kerjaan gue.SEMUA, SEMUAA!!! dan begoknya doski ngerenamenya di folder xii7 mipa. YA KETAUANLAH OON. KALO MAU NYOLONG TUH PINTERAN DIKIT NAPA!!.

kalo mau nyolong ya harusnya di copy dulu lah filenya ke tempat lain, baru rename, ini mah di rename dulu, baru dicopy. Ya ketauan lah ama gue. Gue disaranin ama temen gue buat ngaduin kejadian ini ke pak takeshi. Akhirnya gue bilang, dan gue disuruh catet nama yg mencuri dan yg dicuri, di tulis di kertas lembar. Gue tulis deh namanya ya, gue tulis ARUMI. HAHAHHAH MAMPOOS LO! IJIN DULU KEK AMA GUA!!!.

Gue tanya di grupchat line ada gak yg kenal sma arumi, dan ternyata ada, dari situ gw tau klo dia anak ipa9. Gue cari di folder ipa9, eh bener coy, ada data die gue disana. Errghjh, tapi ya sudahlah. Mungkin tuh anak mo ngumpulin tugas prakarya tapi belom ada yg dibikin, mungkin karena leptopnya rusak atau dianya ga ada waktu luang. Jadi pas ngeliat 'hasil kerja' gue pada saat doski udah bingung banget karna dikejer deadline, doski terhasut buat 'mencuri'.

Karna ini, gue jadi berpikir, mungkin perasaan yg gue alami saat itu adalah perasaan yg dialami oleh orang-orang diluar sana yg karyanya gue curi tanpa sengaja, yang karyanya gue download dengan 'gratis' aka bajakan. Padahal mereka udah susah payah bikin software, sudah susah payah bikin film berkualitas, lagu yg enak didengar dan karya-karya lainnya. Tapi tetap saja masih banyak orang yg berpikiran sangat egois seperti gue yg apa-apa inginya 'gratisan'.Walaupun (misalnya) suatu software harus beli dulu, gak gratis, Asalkan software tsb ada yang ngeupload di internet, pasti ada yg versi gratisnya walupun softwarenya bajakan. 

Well, gue jadi sedih sebenarnya, Arumi ini cuma contoh kecil kejadian bajak membajak suatu karya, curi mencuri hasil kerjaan orang lain, lalu berpura-pura bahwa itu adalah hasil kerjanya. Dan gue tau yg dia lakukan itu salah dan menyakiti perasaan si empunya nya. Yah, contoh kecil aja bikin sakit hati, gimana kejadian curi-mencuri dan bajak-membajak dalam skala yg lebih besar? Sudah Pasti sangat merugikan salah satu pihak dari pihak-pihak yg berkaitan ini kan?. Well, gue ga bisa lepas dari hal-hal yang berbau bajakan tapi gue juga tidak mendukung bajakan. Gue pengen nonton film, gue harus punya software 'berbayar' untuk menujang pekerjaan gue, gue ingin dengerin musik-musik lama yg asik. Itu semua gue donlod secara ilegal karna gue gak punya duit yg cukup untuk membeli produk-produk tsb. Gue akui, ini salah tapi ya kenyataannya gue nih kere tapi gue harus punya beberapa software 'berbayar ini'(karena kerjaan), gue pengen juga nyoba-nyoba suatu produk/software yang kelihatannya menarik. Akhirnya, jalan keluar yang gue tempuh ya ,mencuri' ini.

Lalu apa yang seharusnya gue lakukan sebagai rakyat jelata ini?


Komentar

Postingan TerHot!!

FANGIRLING : ABOUT MIZUKI ITAGAKI

Review Manga : Hikaru no Go (By Yumi Hotta & Takeshi Obata)

Fangirling : Kumpulan Foto-foto Mizuki Itagaki

Review Film : XXX Return of Xander Cage

maapin yakk!!! T.T